Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses membuat makanan oleh tumbuhan hijau. Proses ini di lakukan pada daun. Tapi dapat juga di bagian tubuh tumbuhan yang memiliki klorofil (zat hijau daun). Contohnya yang memiliki klorofil pada batang adalah tanaman kaktus. Tanaman ini memiliki klorofil di batangnya yang menggembung berisi air dan berwarna hijau. Di sinilah tanaman kaktus berfotosintesis. Proses fotosintesis membutuhkan air (H20) dan gas karbondioksida (CO2), lalu menghasilkan karbohidrat (C6H12O) dan gas oksigen (O2). Adapun raksinya dapat ditulis sebagai berikut:                                                
                                  Air    +    Karbondioksida  -------------  Karbohidrat    +   Oksigen

Air diperoleh dari tanah yang dihisap oleh akar, karbondioksida diperoleh dari udara yang masuk lewat mulut daun (stomata). Dimasak oleh klorofil yang ada pada daun dengan bantuan cahaya matahari. Karbohodrat yang dihasilkan akan digunakan tanaman untuk pertumbuhan dan perkembangan. Kelebihan karbohidrat akan disimpan pada bagian tubuh tertentu oleh tanaman sebagai cadangan makanan.

Tempat menyimpannya bisa di akar, batang, daun, dan buah.
Pada tanaman yang menyimpan cadangan pada akar, biasanya disebut umbi. Hasil lain fotosintesis yaitu oksigen. Oksigen dapat digunakan untuk bernapas makhluk hidup.

Comments

Popular posts from this blog

SIFAT CAHAYA - MENEMBUS BENDA BENING

Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu

Umbi